Selasa, 29 Juli 2008

Pramuka Peduli: Sebuah Upaya Perbaikan Citra

“Ah, pramuka itu kan cuma tepuk tangan, nanyi nyanyi dan berkemah saja.”

Pernyataan sakartis tersebut selalu disampaikan masyarakat awam ketika berbicara dan menilai tentang pramuka (kadang juga dari seorang pramuka - walau mungkin hanya bercanda). Streotip tersebut dilekatkan dan menjadi bidal bagi Gerakan Pramuka.

Karena dinilai oleh yang awam dengan gerakan ini, streotip tersebut sah sah saja dan patut menjadi bahan perenungan oleh Gerakan Pramuka serta mencari penyebab timbulnya. Apabila dibiarkan tanpa reaksi nyata, perlahan gerakan ini akan terus ditinggalkan.

Pramuka Peduli merupakan salah satu cara untuk mengeliminir penilaian negatif tersebut dan memperbaiki citra Gerakan Pramuka yang dilekatkan oleh segelintir masyarakat hari ini. Aksi Pramuka Peduli juga dapat meningkatkan rasa setia kawan dan tenggangrasa serta membantu masyarakat yang sedang dalam kesusahan. Disamping itu bagi seorang Pramuka, kegiatan ini juga akan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam upaya pengembangan SDM, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup.

Dituntut kerja keras para anggota dewasa untuk mengembangkan berbagai kegiatan Pramuka Peduli dan tanggap dengan setiap permasalahan yang timbul ditengah masyarakat yang selanjutnya dijewantahkan dalam Aksi Pramuka Peduli.

Banyak hal yang dapat kita lakukan. Mari berbuat!

Tidak ada komentar: