Senin, 14 Juli 2008

Pramuka Sebagai Pemimpin dan Pemandu Masa Depan

Manusia dilahirkan ke dunia pada hakekatnya adalah seorang pemimpin. Dan Gerakan Pramuka adalah organisasi yang merupakan wadah bagi proses pendidikan kepramukaan yang bertujuan untuk mendidik kaum muda agar menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental - moral - budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya, tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat dan sehat fisiknya. Artinya Gerakan Pramuka adalah lembaga yang mendidik para pemimpin. Dengan sendirinya seorang Pramuka adalah Pemimpin.

Pemimpin adalah seseorang yang berada di depan, seperti seorang penggembala yang menuntun gembalaannya dari depan. Dari makna tersebut, dapat dikatakan bahwa, posisi pemimpin itu berada di depan. Menjadi penunjuk jalan kebaikan bagi rombongan yang dipimpinnya dan pengarah untuk kebaikan mereka.

Pemimpin disini jangan hanya diartikan ianya seorang presiden, gubernur, atau bupati. Tetapi pemimpin disini juga adalah abang terhadap adik-adiknya, ayah terhadap keluarganya, pimpinan barung, pimpinan regu, pimpinan sangga, ketua kelas, dan lain sebagainya. Sikap kepemimpinan dalam kelompok-kelompok kecil inilah menjadi medan latihan untuk menjadi pemimpin di kelompok yang lebih besar dengan ragaman persoalannya.

Proses pendidikan dalam Gerakan Pramuka sangat memperhatikan peningkatan kemampuan kepemimpinan ini. Jiwa kepemimpinan setiap peserta didik diasah dan dikembangkan sesuai dengan tingkat perkembangan kejiwaannya. Pemberdayaan yang dilakukan terhadap seorang Pramuka ini diharapkan membuat seorang Pramuka mampu untuk mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri agar dapat berperan dan berpatisipasi aktif dalam memecahkan berbagai permasalahan, sehingga dapat membangun kemampuan dan konsep dirinya.

Pengembangan diri sebagai pemimpin merupakan suatu proses yang berjalan terus menrus sesuai dengan perkembangan nilai-nilai di lingkungannya. Seorang Pramuka harus senantiasa merasa terpanggil dan mempunyai kehendak pribadi yang kuat untuk mengembangkan dirinya sehingga mampu mejadi seorang pemimpin di lingkungannya dan menjadi kader pemandu masa depan.

Tidak ada komentar: